Sunday, June 21, 2009

Risalah Cinta


Disaat seorang anak manusia mulai mengenal dunia
Disaat anak manusia itu diperkenalkan dengan dunia kata
Hingga suatu massa dia menemukan sebuah kata CINTA
Semakin hari semakin banyak ia menemukan kata CINTA
Namun apakah itu CINTA
Anak manusia itu tak memahaminya selain sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf yaitu C-I-N-T-A
Semakin hari ia semakin dibuat bingung dengan sebuah kata CINTA
Semakin banyak orang menuliskan kata CINTA
Semakin banyak orang menyanyikan lagu CINTA
Hampir semua lagu yang didengarnya bertemakan CINTA
Hampir setiap lagu baru yang tercipta masih melantunkan nada-nada CINTA
Dalam jenuh muncullah beribu tanya tentang CINTA
Mengapa tak bosan-bosannya CINTA itu dibicarakan
Mengapa tak bosan-bosannya CINTA itu dituliskan
Mengapa tak bosan-bosannya CINTA itu dinyanyikan
Mengapa tak pernah habis kata tuk dirangkai dengan kata CINTA
Tanya itu belum terjawab
Tanya itu masih tersimpan di alam bawah sadarnya
Hingga suatu masa dia menemukan sebuah buku karya Ibn Hazm Al-Andalusi

Risalah Cinta

Di sampulnya bertuliskan sebuah kalimat

“Apabila ada satu tema yang tak pernah habis diceritakan dari mulut ke mulut,
Dinyanyikan dalam lagu – lagu,
Dikisahkan dalam berbagai novel,
Diekspresikan dalam puisi dan tari,
Digumamkan dalam do’a –do’a,
Dan menyala – nyala di setiap hati manusia,
Maka itu adalah CINTA


Anak manusia itu sangat bahagia bisa menemukan kalimat itu
Dalam kalimat itu, Ia merasa telah mendapatkan separuh jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya tentang CINTA
Akankah dia benar-benar akan mendapatkan semua jawabannya dalam buku itu?
Mampukah buku itu menjawab semua ketidaktahuannya tentang CINTA?
Dan….
Bagaimanakah pandangan sobat blogger tentang CINTA?



32 comments:

DUNIA POLAR said...

cinta cinta cinta, deritanya tiada akhir :D

JengSri said...

cinta adalah cinta
gitu black kira ;)

buwel said...

Cinta yang bagaimanakah ID. andai suci tak kan pernah tersakiti....

بوويل said...

Oiya, maaf buwel ngetag award untukmu...maaf ya kalo nggak suka...maaf juga nulisnya di sini, di shoutmix khawatir nggak terbaca....

BLACKID said...

@ buwel : makasih banget mas buwel, black sng bgt bisa dapat award dari blogger yang udah ngetop, barusan awardnya dijemput, tunggu aja saat pemajangan award yang keren itu

IjoPunkJUtee said...

CINTA adalah anugrah...

dwina said...

Cinta kalau diletakkan di tempat yang benar akan menciptakan semangat dan bentuk kreatifitas
karena cinta adalah motivasi teragung manusia

kalo di letakkan di tempat yg salah maka akan menciptakan kekacauan hati dari pemilik cinta tersebut
hmm cinta adalah cinta yang gak akan berubah hingga akhir jaman

Dinoe said...

Cinta itu anugrah..
Andai bisa menyelami maknanya,maka akan ada bahagia menerpa cinta...

Dark Mouzy said...

bisa memberi tanpa harus mengharap menerima..

Newsoul said...

Risalah cinta, mari kita nyatakan dalam rupa dunia. Cinta pada suami/istri, cinta pada keluarga, cinta pada sahabat, cinta pada sesama. Nice posting Black_Id.

Sang Cerpenis bercerita said...

yg pasti kita ada di dunia ini karena cinta kedua ortu kita ya.

YolizZ said...

cinta?! cinta? ehmm.. apa yah..

rasanya saat kita memberikan sesuatu yg disebut 'kasih sayang, perhatian,dll' tanpa mengharapkan balasan.. saat kita bahagia hanya dengan melihat senyumnya.. senyum seorang ayah, ibu, saudara,, sahabat,, suami atopun istri..

mungkin itu cinta yah?! tauk ah.. masih ga mudeng apa itu cinta..

manusiahero said...

tergantung masing2 individu sih ngartiin apa...

Itik Bali said...

Cinta kalo dibicarakan selalu tiada habisnya
Cinta bisa membuat orang sedih bisa membuat orang bahagia..
maka beruntunglah orang yang masih bisa menikmati cinta

nietha said...

Talk about love everyday ,never ending

JengSri said...

ada tugas di blggku buat black ;)

J O N K said...

cinta,,,,,
cinta,,, dan cinta :D

membuat saya tidak bisa berargumentasi ...

anak nelayan said...

cinta ohh cinta

TRIMATRA said...

semakin sulit menemukan cinta semakin nikmat kala bertemu cintanya.

suryaden said...

cinta itu ya saya ini, semua ada cinta dan melekat dalam dirinya masing-masing, cinta itulah kehidupan, bersama unsur yang lainnya pula

KangBoed said...

Semua ada karena CINTA.. cinta pula yang membentuk manusia sesuai dengan yang dicintainya
Salam Sayang

JengSri said...

PE-ERnya HARUS DIKERJAKAN! AWAS KALO GAK!

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Cinta emang manis untuk menjadi pembahasan,.... tapi tidak jarang berakhir tragis bila dijalanin.

BLACKID said...

@ Kangboed : ---cinta pula yang membentuk manusia sesuai dengan yang dicintainya---luar biasa kang.

attayaya said...

cinta kadang bikin sakit hati

akhirnya aku bisa komen setelah masalah di internetku selesai

cebong ipiet said...

cinta itu.. yaa gitu deh :D ce i ci nta a nta cinta

undefined

SEO Pemula said...

Cinta...?

Sang Cerpenis bercerita said...

risalah itu kan bisa berarti notulen. jadi ada juga toh notulen cinta.

EEL'S said...

Cinta? Katanya nih macamnya banyak banget bung...,ada yang namanya Cinta Monyet.bukan monyet bercinta, ada cinta palsu yang jelas tidak terbuat dari plastik daur ulang, ada cinta buta yang bukan karena sakit mata dan ada pula cinta suci yang bukan Suci tetangga sebelah.... Bener ndak yaaa?

vie_three said...

risalah cinta... aq juga belum baca buku itu dan kayaknya pertanyaan yg muncul dalam benakku hampir sama dengan si anak manusia..... namanya juga manusia, hwehehehehehe

Cupu^_^Kisruh said...

hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga..
Ahaiii ~~ begitulahh kata para pujangga :D

nyayi lagi

Ayas Tasli Wiguna said...

aku ambil kutipan novel last samurai deh:

cinta hanya tumbuh setelah tercipta kedamaian hati..

so skg aku blm pernah merasakan cinta t,, nafsu iya ^^