Wednesday, June 17, 2009

MISSION IMPOSSIBLE

Teringat sebuah iklan internet masuk desa beberapa waktu yang silam. Sebuah misi pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Iklan yang mengisahkan kehidupan anak-anak sekolah didesa yang lugu dan imut namun cerdas. Meskipun pematang sawah masih menjadi jalur favorit mereka untuk menempuh perjalanan ke dan dari sekolah, namun mereka tak kalah cerdas dengan anak-anak dikota. Hal itu bisa terjadi karena masuknya akses internet ke pedesaan. Dengan internet, memungkinkan anak-anak ndeso itu mengakses berbagai informasi dan materi dengan mudah untuk mendukung proses belajar mereka. Jadi meskipun mereka berada didesa, mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjelajah dunia, kini dunia benar-benar ada diujung jari mereka. Namun itu semua hanyalah sketsa, apakah misi itu sudah benar-benar terwujud…?

Untuk mewujudkan misi itu memang tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan yang matang, kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, serta dukungan dari berbagai pihak. Kita sebagai blogger yang juga termasuk masyarakat Indonesia, sudah selayaknya ikut berpasrtisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedikit bantuan akan lebih berarti dari sekedar cuap-cuap tanpa makna. Bagi sobat blogger yang pinter, baik hati dan tidak sombong, berikut ini ada sorang petani ndeso yang sedang membutuhkan bantuan sobat-sobat smua.

Ceritanya begini………..

Petani itu---sebut saja Bejo---adalah seorang pemuda di sebuah desa, selain menggarap sawah dia juga memelihara hewan ternak yaitu kambing. Uniknya pemuda ini memiliki binatang peliharaan yang tidak lazim dilakukan oleh orang-orang didesa itu. Binatang peliharaannya itu adalah seekor harimau. Meskipun harimau ini jinak kepada tuannya, namun harimau ini tetap saja buas dan masih makan daging. Jadi kemanapun Bejo pergi, harimau itu harus selalu bersamanya, jika tidak maka dia harus dimasukkan ke kandangnya, agar tidak berbahaya. Seperti biasanya setiap hari Bejo mesti pergi kehutan mencari rumput untuk memberi makan kambing-kambingnya. Kali ini harimau itu ikut bersama Bejo. Setelah rumput yang didapat terasa cukup, Bejo pun pulang. Diperjalanan Bejo bertemu dengan seseorang yang hendak menjual kambingnya. Kambing itu sudah 2 hari tidak diberi makan. Pemiliknya sakit sehingga tidak sanggup mengambilkan rumput untuk kambingnya. Uang dari hasil menjual kambing itu akan digunakan untuk berobat. Setelah terjadi kesepakatan akhirnya Bejo membeli kambing tersebut.

Kini Bejo pulang kerumah dengan membawa sekeranjang rumput, seekor harimau yang belum dikasih makan sejak pagi dan seokor kambing yang kelaparan. Dalam perjalanannya pulang bejo mesti melewati sebuah sungai yang cukup lebar dan dalam. Tidak ada jembatan disana, hanya ada sebuah perahu yang biasa digunakan untuk menyeberang. Namun perahu tersebut hanya muat untuk dua penumpang, misalnya Bejo dengan rumputnya, atau Bejo dengan harimau, atau Bejo dan kambingnya. Bejo bingung bagaimana caranya bisa menyeberangkan mereka dengan selamat tanpa ada yang menjadi korban, karena jika dia naik perahu bersama harimau, maka Bejo meninggalkan rumput dan seekor kambing yang sudah 2 hari belum makan, bisa bisa rumputnya habis dimakan kambing. Jika bejo naik perahu bersama rumputnya maka Bejo meninggalka kambingnya bersama harimau, bisa-bisa kambing yang baru dibelinya itu dimakan harimau yang sedang lapar.

Nah sobat blogger yang baik hati dan tidak sombong, Bejo sedang menunggu dengan penuh harap bantuan dari sobat-sobat semua bagaimana caranya agar Bejo bisa menyeberangkan mereka dengan selamat tanpa kurang suatu apapun….

***)
seandainya internet sudah masuk ke kempung Bejo, pasti Bejo sudah nanya sama Om Google


32 comments:

buwel said...

Waduh gimana yak sob......?
Tanya mbah gugel dulu yak, ntar barang kali ada..heheheeehe

TRIMATRA said...

cerdas jugah yang bikin cerita, tapi lebih cerdas lagi yang bisa menjawab tanya si bejo.

untung aku ga bisa jawabnya, heheh...lho kok untung sih???

Newsoul said...

Hm.....pernah dapat cerita ini, dalam salah satu pengantar brainstorming sebuah diklat, dulu sekali. Nice posting sobat, kreatif.

riosisemut said...

Biar aku jawab ya...
Setelah aku pikir sdari Subuh tadi akhirnya aku dapat jawabnya juga. Begini :

PeRTAMA bawa dulu kambingnya, biarkan harimau bersama rumput, dan tinggalkan kambingnya di sebrang.

KedUA, balik lagi dan ambil harimaunya. Tinggalkan rumputnya sendiri.
Sampai di sebrang tinggalkan harimaunya sendiri, jangan tinggalkan dia bersama kambingnya tapi bawa kembali kambingnya ke sebrang.

KeTIGA, bawa rumputnya dan tinggalkan kambingnya tuk smentara

dan TeRAKHIR, tinggalkan rumput itu bersama harimau dan ambil kembali kambingnya.

Hohohoho.... aman semua kan?

Bener kan?

DUNIA POLAR said...

aku juga pnh ni denger crita ini, tp lupa kapan.
btw tuk jawabNya, kayaknya da di jawab sama si semut, trnyata semut pintar yah :D

BIG SUGENG said...

Potong kambingnya, jualan sate dulu di pinggir kali, nanti sisa dagingnya bisa buat makan hariamau


ngggak nyambung ya..?

Dinoe said...

Bingung juga nih..mau jawab apa..nice artikel..

BLACKID said...

@riosisemut : wah semut yang pinter dapat ucapan terimakasih dari Bejo, + mau dikasih harimaunya, tapi harimaunya udah dilepas kembali kehutan, jadi kalau berminat silakan cari di hutan, ntar bejo temenin,he-he...

buwel said...

setuju ama mas mut wes...kekkkeke

~PakKaramu~ said...

Salam kunjung ke blog ini

manusiahero said...

kasian si bejo gimana ya membantunya om google lagi ngambek nih hahaha

YolizZ said...

idem sama mas rio aja deh,, hehehehehe...

sebenernya sih pengen jawab kayak gituh,, tp yah apa daya udah keduluan mas rio sih :p

Itik Bali said...

Aku idem sama Pak Sugeng aja..biar kata gak nyambung
mending bikin sate kambing,
lumayan ..makan enak hari ini

vie_three said...

ehhhhmmmmmm ikutan bingung niy..... mending si bejo sama kambingnya dulu, ntar yg kedua baru si harimau sama rumputnya....

iya ya tanya mbah gugel, kan udah mba2 pasti tau tuch pemecahannya.... sayang bejo gak kenal internet.... mwehehehehehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

jawaban sama dg semut.
semut emang pinter ya.

mantan copet said...

Waaaaaaah pada awalnya sempat bingung, mikir gmn caranya tapi stlh mbaca komengnya Mas Rio, ternya gampang buangt ya caranya.
Mas Rio mang pintar bngt.

IjoPunkJUtee said...

Semut ternyata lebih pinter dari BEJO...salut mut...!!!

nietha said...

wah..ketinggalan mas semut nih.Padahal aku udah tau jawabannya lho (pura-pura tau, bair keliatan pinter gitu lo)

anazkia said...

Om, absen aja yah... :) kehabisan akal :(

riosisemut said...

Balik lagi Sob, sekedar melihat hasil polling.

Walah, sobat2 koq gitu sih sama aku, biasa aja lagi.

Perlu kalian tahu ya, jawaban itu aku mikirnya dari abis Subuh. Aku gambar dulu sungainya di selembar kertas. Aku ambil tiga bidak catur dan aku jalankan. dari Subuh gelap, cuma konsen ama tuh soal, baru jam 7 pagi sblm sarapan ketemu jawabnya.

Hohoho... trnyata akhirnya aku berhasil, cuhuiii..., senengnya.

buwel said...

Selamat untuk mas mut ya...hehehhehe

buwel said...

sekedar menyapa...

JengSri said...

coba kasih si bejo jawaban black

BLACKID said...

@ riosisemut : salut dech, bisa nemukan jawabannya, sebenarnya aku dah tahu jawabannya cuma jawaban itu aku dapat dari yang ngasih teka-teki ini, jadi gak seru, semut emang cerdas walau tidak mudah akhirnya bisa menemukan jawabannya sendiri..

@ JengSri : udah dapat bocorannya dari riosisemut Jeng...

fadielajah said...

tulz..prnah dnger crita ni.. tpi jwaban semut tu bner.. hhe

KangBoed said...

1 bawa kambing
2 bawa harimau.. kambing bawa agi+
3 rumput
4 kambing agi
5 cape deh bolak balik
6 perahunya bocor keleleeep gak bisa berenang
Salam Sayang

attayaya said...

jawaban risemut bener tuh
aku idem ma dia aja

Fanda said...

Internet jelas bukan jawabannya, coz ketika si Bejo lg browsing Google, si kambing dah makan tuh rumput dan sebentar kemudian si harimau gantian makan kambing. Apalagi klo Bejo sdh terjangkit demam Facebook, di tengah main game dan ngisi kuiz, harimau dah laper lagi krn tadi kambingnya kurus, ga kenyang blas. Akhirnya Bejo pun dimakannya.

Sekarang tinggal si harimau yg akhirnya buka account di Facebook dan nge-add Black_ID sebagai friend. Hayoo..di-approve pa gak?

AeArc' said...

bener katanya mas riosisemut,

PeRTAMA bawa dulu kambingnya, biarkan harimau bersama rumput, dan tinggalkan kambingnya di sebrang.

KedUA, balik lagi dan ambil harimaunya. Tinggalkan rumputnya sendiri.
Sampai di sebrang tinggalkan harimaunya sendiri, jangan tinggalkan dia bersama kambingnya tapi bawa kembali kambingnya ke sebrang.

KeTIGA, bawa rumputnya dan tinggalkan kambingnya tuk smentara

dan TeRAKHIR, tinggalkan rumput itu bersama harimau dan ambil kembali kambingnya.

Hohohoho.... aman semua kan?

Bener kan? makasi mas riosisemut

Dinoe said...

nambah satu poin aja sob..he..he..
Met malam ya...moga bejo selamat sampai diseberang....

J O N K said...

wkwkwkkwkw

udah di jawab sama mas Rio ya

saya udah lupa lagi nih jawabannya ..

ajieee said...

kayaknya pernah denger