Tuesday, April 28, 2009

Tak Seperti Yang Kamu Kira

Ada suatu kisah yang mungkin sobat blogger smua sudah pernah mengetahuinya….
Tapi ga papalah saya ulang kembali mumpung lagi ingat….siapa tahu ada manfaatnya
cerita ini saya dapat dari guru ngaji saya waktu masih kecil dulu….
entah darimana sumbernya saya juga tidak tahu…
Kalau tidak salah Ceritanya begini : ……………..


Ada tiga orang buta disuruh untuk memegang seekor kerbau

Orang pertama memegang ekornya…

Orang kedua memegang kakinya…

Dan orang ketiga memegang perutnya…

Ketika ditanya kepada ketiga orang tersebut “Seperti apakah bentuk kerbau itu…?”
Maka jawaban merekapun berbeda-beda :

Orang pertama menjawab kerbau itu bentuknya kecil bulat panjang seperti ular tapi memiliki rambut….

Jawaban orang kedua kerbau itu seperti kayu, keras dan tegak berdiri….

Lalu orang ketiga menjawab kerbau itu bulat dan besar, seperti balon….

Itulah jawaban orang yang menilai sesuatu tidak secara keseluruhan, tapi hanya dari sebagian kecil berdasarka apa yang mereka ketahui …

Sebagaimana kita,, terkadang kita salah menilai orang. Karena kita hanya mengenal sedikit tentang mereka….


23 comments:

anazkia said...

Pertamaxxxxxx..... ye.. ye.. dapet coklat. baca dulu ah... :)

anazkia said...

Keduanya, hebat! membuat saya berfikir sudahkah saya berfikir sesuatu secara keseluruhan...???

eri-communicator said...

ceritanya simpel ntapi maknanya dalam, banyak pesan moral yang disampaikan melalui ceritanya.

JengSri said...

tak kenal maka tak sayang ya bang,hehehe..kenalan dulu dong kan baru disayang,hehehe

Itik Bali said...

ceritanya bagus banget
filosofi yang bagus dan patut ditiru

beat2ws said...

Bener banget...

BIG SUGENG said...

Setuju sekali boss, jangan sepelekan orang juga

black_id said...

@ all : karena suatu hal yang tidak bisa aku jelaskan maka Judul posting ini dengan terpaksa/sukarela aku ganti..Judul sebelumnya adalah "Tak Seburuk Yang Kau Duga"

@ anazkia : ntar ku kasih coklat deh,,demen banget sama coklat ne... :-)
@ eri-comunicator : aku juga salut buat si pengarang cerita ini
@ JengSri : makasih sayangnya...lam kenal juga
@itik Bali & beat2ws: thanks komenya
@BIGSUGENG : setuju jg bos.. thanks dah mampir di blogku yang masih banyak kekurangannya ini

manusiahero said...

begitulah jangan berprasangka buruk kepada orang karena kita lom kenal dekat dengan orang..jadi nilai orang bukan dari enampilan za ya.. :D

JengSri said...

ehm,ehm,ehm,ehm...(paan sih???!!!)

buwel said...

Betul, setuju sob....
kita harus menilai orang secara keseluruhan....
dan menilainya itu dengan ilmu kita....
semakin tinggi ilmu kita, penilaiaan ke orang akan semakin tinggi penilaian kita....

JengSri said...

hahahha! beneran juga gpp, gak nolak kok,hehehhe!

eel's said...

Bener itu.. jangan seperti menilai buah duren yaa, Kulitnya memang kelihatan tajam..& berduri..., ternyata isinya... wooo putih dan lezaat.

kakve-santi said...

kayanya pegang gajah deh.. :D

suryaden said...

iya semakin kita menekuni sesuatu maka harus juga melihat secara detil, kadang lupa bahkan tidak peduli dengan lainnya, maka dibutuhkan orang lain untuk bisa menyatukan dan menyambungkan teka-teki tersebut

Newsoul said...

Yah benar, makanya ada istilah dont judge a book (just) by it covers. Selamat pagi black_id, ada award untukmu di blog saya.

Sang Cerpenis bercerita said...

aku pernah denger cerita kyk ini, tp objeknya gajah.

pada dasarnya, kita sering ngejudge orang dari luar, padahal kita gak kenal dia secara mendalam ya....

attayaya said...

cara pandang dengan perspektif yang berbeda akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda

vie_three said...

setujuuuuuu, aq jugak pernah tuch denger cerita ini.....

makanya jangan suka menilai orang dari luarnya ajah.... tanpa pernah kita tahu seluruhnya.....

IjoPunkJUtee said...

Sbenernya ada 4 orang buta, yang terakhir adalah.....aku

PEsen ma Bro Black_ID aku gak usah dipostng....malu....habis ku kebagian megang brutu.....!!!!

J O N K said...

wah keren nih :D, mirip dengan jangan liat orang dari covernya ...

eel's said...

Datang lagi neeh..., aku kirimi award lho...

dwinacute said...

lama ndak berkunjung aku kehilangan banyak berita nih. bener tuh kadang kita suka banget nilai orang cuma liat luarannya atau sedikit tentang dia.
hmm thanks ya udah ngingetin.