Thursday, May 28, 2009

Mengerang Lirih

Bangun tidur kuterus mandi
“Waktu ku mandi sambil nyanyi-nyanyi
Lagu gak karuan malah kayaknya kampungan
Lagi asyik mandi ada yang memanggil, aku lempeng aja malah nyanyi makin kenceng
………………………………………………………………………”

(Lirik lagu-nya Jamrud)


Yang bener sih lagi mandi denger suara gemuruh dari genteng pertanda hujan lebat mulai turun. Syukurlah hujan tak begitu lama. Pas saat ku mau berangkat kerja dengan RedYupiter yang gak kece sama sekali-----tapi aku sangat menyayanginya, dialah sobatku yang selalu setia kemanapun kuajak jalan-----. Hujanpun seketika reda.

Kini aku berangkat kerja tanpa harus ditemani guyuran air hujan. Karena hujan dah reda, jaket hujan yang tadinya sudah kusiapkan, tidak jadi kupakai, toh hujan juga sudah berhenti. Kupancal si RedYupiterku, dan meraunglah suara knalpotnya. Kucongkel giginya dan kujewer telinganya. Maka larilah si RedYupiterku karena kesakitan. Saat RedYupiter mengerang kulepas jeweranku, maka erangannya mulai melirih. Saat erangannya melirih, kucongkel lagi giginya dan kujewer lagi kupingnya lebih keras lagi, jauh lebih keras dari sebelumnya-----pake gayanya Romy Rafael----- Inilah cara kami saling berkomunikasi. Terkadang saat Si RedYupiter berlari mendekati kecepatan berbahaya, dengan terpaksa aku harus menjambak rambutnya yang Cuma sehelai itu agar menurunkan kecepatannya.

Komunikasi seperi ini berlangsung sepanjang jalan hingga mendekati tempat kerjaku, lega rasanya aku tidak kehujanan dijalan. Tapi perasaan lega ini tidak berlangsung lama, hanya dalam waktu beberapa detik sebuah motor dengan tampang jauh dari futuristic mampu mengubah suasana hatiku menjadi hitam kelabu. Kakinya yang hitam mengorek hamparan lumpur hasil pertemuan antara debu dan air hujan, karena ekornya yang sudah terpotong, akibat ulah sang pawang, atau mungkin karena habis termakan usia, hasil korekan si ceker tadi melayang dengan bebas kearah tubuhku. Bajuku yang berwarna putih bersih, kini dihiasi titik-titik hitam dengan corak alami. Kesel, kenapa tadi gak pake jacket, menyesal karena tadi aku harus menuruti ajakan temennya setan alias buru-buru, hingga jaketpun tak sempat terlintas dalam pikiranku.

Kini aku hanya bisa menyaksikan bahwa diriku benar-benar kacau saat ini. Mau pulang tuk ganti baju, rasanya gak mungkin, karena jarak kerumah cukup jauh, dan inipun aku sudah hampir terlambat. Mau marah-marah, aku harus marah kesiapa, semua ini salahku. Dan kupikir jika aku marah-marah juga hanya akan menghabiskan energiku, dan bahkan berakibat lebih fatal karena aku jadi tidak konsentrasi sama kerjaanku, belum lagi teman-temanku, yang tentunya tidak akan suka menjadi tempat melampiaskan kemarahanku. Akhirnya aku harus menerima semua ini dengan lapang dada. Dan aku bisa bekerja sebagaimana biasanya. Bayangan buruk mengenai komentar teman2ku ternyata hanya sebuah mimpi buruk. Kenyataan tak seburuk yang kuduga.

32 comments:

Dunia Polar said...

kucongkel lagi giginya dan kujewer lagi kupingnya lebih keras lagi, hahahaha bahasanya keran....

suryaden said...

untung bukan kuelus-elus kenalpotnya, jiahaha... kalo pas dipeke mesti puanas...

IjoPunkJUtee said...

Ciri-ciri macam Blek eR-Ji....xixixixi.....

BIG SUGENG said...

Itulah liku2 kehidupan yang membuat hidup jadi lebih indah
tapi bagus nggak mau nyari kambing hitam

anazkia said...

hehehe... bisa aja om black mengacau bahasa :)

Om, ada award tuh...

vie_three said...

weleh2 jadi berbintik2 kayak dalmation donk bajunya.... wkwkwkwkwkwk

bang FIKO said...

Sabar... sabar... Hehehehe... Nasib lagi apes tuh. Kontras sama postingan sebelumnya tentang orang beruntung ya..

dwina said...

marah mang ngabisin energi ma bikin tensi naek.

so, sabarrrr.....sabarrr....

YolizZ said...

keren yah bahasanya,, cuma mo ngomong nyalain motor aja sampe segitunya :D

sabar.. ga usah marah karna bintik-bintik doang,, ngabisin waktu dan tenaga aja..

Balisugar said...

Salam kenal deh

ajie said...

oh gitu ya

JengSri said...

judulnya mengundang nih say, huehehehe

buwel said...

kekkekkeke..keren ceritanya...

Dark Mouzy said...

sipp..inilah dunia yang sebenatnya..
anak sastra yaa mas?

Dinoe said...

kadang pikiran kita tidak semuanya nyata..sugesti mengakibatkan kita berpikir tidak baik...nice post..(mhn maaf jika ada kata2 saya yg slh dlm berkomentar)

alfi said...

lagunya asik bnget nic...

Itik Bali said...

Judulnya..
kaya orang lagi kesakitan
makanya aku dateng pengin cepet bantu..
kenapa ya??
kesandung atau gimana??

Sang Cerpenis bercerita said...

suka nyongkel2 ya? he he he...

manusiahero said...

semoga mimpi itu buakn sebenanrya,,,iya emang uya ya.. :D

IjoPunkJUtee said...

Erangannya terdengar sampe sini.....

attayaya said...

salam untuk bang RedYupiter

buwel said...

Moga ada erangan baru yang lirih lagi...hehhehhhe

Tukang komen said...

btw kasian red jupie nya dijewer-jewer emang nakal yah....?

Ayas Tasli Wiguna said...

bagus, sabar bos, semua ada hikmahnya ^^ laen kali ati2 di jalan bos, huhu

Newsoul said...

Terima kenyataan ya, siip. Setelahnya bisa belajar dr kesalahan. Nice posting bro.

beat2ws said...

Daripada dijewerin mending buat aku.

Fanda said...

Memang klo lg sial, baiknya dijalanin aja, dibuat lelucon aja, jgn terlalu dimasukin ati. Tp kalo sekrg sial, berarti keberuntungan sdh mengintip, siap utk menghampiri...Semoga ya!
Btw, salam kenal ya!

osin said...

salam kenal ya bang...

attayaya said...

bangun tidur kuterus mosting
tidak lupa blogwalking

J O N K said...

huahhhhh !!! biar gak marah lagi, cium knalpotnya aja hehehehehe, di jamin selesai marahnya :D.

Untung gak marah ya, kalau marah bisa2 motornya pulang sendiri ke rumah kekekekkekekek

riosisemut said...

Sob... aku datang cuma mau minta maaf, karena lupa blm follow km.
Koq km diem aja sih, tampar aku dunk,
Aku suka bngt baca koment2 km terutama yg tntang cinta kyk di postingan Yolisz.
Rupanya kita sepaham, bahwa cinta emang gak prnh salah, kalau dia uda bersemayam, sekuat apapun kita ingin lepaskan, ia akan balik jg.
Bner kata km, bagai bola, makin keras di lempar, makin keras pula pantulannya.

Mulai skrg kita bersahabat ya?

KangBoed said...

hahaha.. padahal saya kasih pinjam jaket.. sampeyan yang gak mau.. gimana sih.. weleh weleeeeh..
Salam Sayang